Rabu, 12 Mei 2010

Aplikasi SIG dengan ArcView

Aplikasi SIG dengan ArcView




Pengelolaan hutan bertujuan agar dapat memberikan manfaat optimal dan secara signifikasi berdampak luas dan positif terhadap kondisi ekonomi, social dan ekologi. Untuk dapat mengelola hutan secara lestari dan berkelanjutan, ketersediaan data dan informasi yang menyeluruh dan akurat dari sumberdaya hutan adalah suatu hal yang penting dan akan lebih berdaya guna jika didukung oleh system analisis yang tepat. Disisi lain ketersediaan data yang selalu up-to-date yang saat ini telah dapat diakses dengan adanya berbagai citra satelit dalam bermacam resolusi dari kilometer hingga sub meter dapat digunakan sebagai sumber informasi dalam menginventarisir dan memonitor sumberdaya hutan kita. Berbagai data spasial yang tersedia tersebut dapat diintegrasikan dengan data lain seperti peta dasar (peta thematic atau peta topografi) dan data non spasial dalam suatu system yang disebut Sistem Informasi Geografis (SIG).


SIG adalah suatu system yang berbasis computer yang berfungsi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, menganalisis, memanipulasi dan menampilkan informasi yang bereferensi geografis untuk berbagai tujuan. SIG yang telah dikembangkan di Amerika Utara dan Eropa dalam tahun 1970-an telah terbukti sangat berguna bagi analisis data dan penyediaan informasi untuk membuat keputusan dalam mengelola hutan. Departemen Kehutanan sendiri telah menggunakan system ini walaupun masih dalam penggunaan yang terbatas seperti pembuatan peta digital dan nalisis sederhana.
Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu mengaplikasikan SIG di berbagai Unit Pelaksana Teknis secara lebih professional, maka ketersediaan operator yang mahir dan terlatih adalah suatu hal yang penting dimana hal ini dapat dilakukan melalui training/pelatihan baik untuk tingkat dasar hingga lanjutan. Penyusunan modul Aplikasi Sistem Informasi Geografi dengan ArcView ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan diklat yang diperlukan peserta diklat Sistem Informasi Geografis Tingkat Dasar.
Aplikasi Sistem Informasi Geografis dengan ArcView ini pada setiap pokok bahasannya berisi lembar uraian informasi, rangkuman materi, lembar penugasan, petunjuk pelaksanaan tugas dan evaluasi. Setelah mengikuti mata pelajaran ini peserta diharapkan bisa mengaplikasikan dan mempraktekan dasar-dasar penggunaan ArcView serta hususnya mampu untuk : Mengoperasikan dasar-dasar system ArcView, Menampilkan data spasial dan atribut serta tata letak dan penelusuran data (query), Mengaitkan data base lain (dBase dan MS Access) dengan ArcView, Menampilkan sistim koordinat ruang/tiga dimensi (3D) dan Membuat layout serta pemanfaatan table yang telah dibuat.

0 comments: